1. Jelaskan konsepdari Interactive Entertainment !
Padakesempatan kali inisayaakanmembahasdanmenjawabpertanyaanpertanyaan yang telahdiajukanolehdosensoftskillsaya yang dibungkusmelaluisebuahtugaskelompok yang mengenaitentangSistemInteraktifataubisakitasebutdengan Interactive System. Pertama tama sayaakanmenjelaskanapaituSistemInteraktif? SisteminteraktifadalahSebuahsistem yang dirancangataudibuatuntukmenghasilkansebuahinformasiinteraktifbaikberupapendidikan, teknologi, hiburan, dan lain lain. Peranutama yang sangatmempengaruhiSistemInteraktifiniialah user (pengguna). Selainitu, di dalamsisteminteraktifjugamempunyaibeberapabagian yang salingmendukung. DiantaranyaialahHiburan (media) Interaktifataubisakitasebut Interactive Entertainment, dan Program Interaktifataubisadisebut Interactive Program. Untuksoalpertamasayaakanmenjelaskankonsepkonsep Interactive Entertainment.
2.Interactive
Programs Hal-halpenting yang harusdiperhatikandari
interactive programs adalahdarisegi
user &programnya. Jelaskanperan user
& program aharterbentukkomunikasi yang mudahdipahami user.
- Sebelum kami membahasmengenaikonsep Interactive Entertainment, kami akanmenjelaskanapaitu Interactive Entertainment? Interactive Entertainment ialahsebuahinteraktif yang bertujuandalammembuatsebuahproduksidanmemberikanlayanan yang bersifatmenghibur (entertainment)kepadapenggunasehinggamerekadapatlangsungmerespondengancaramemberikanumpanbalik.Konsepdari Interactive Entertainment ialahmemberikaninformasiinformasiberupakombinasidatiteks, gambar, gambarbergerak (animasi), video yang telahdiberikemampuanuntukmengaturataumengontrolelemenelemen yang telahdibuatatau yang telahadasehinggapenggunadapatdenganmudahberinteraktifdenganinformasiinformasitersebut.
- Interactive programming adalahprosedurpenulisanbagiandarisebuah program ketikasudahaktif. Iniberfokuspadateks program sebagaiantarmukautamauntuk proses yang berjalan, bukansebuahaplikasiinteraktif, di mana program inidirancangdalamsikluspengembangandanuntukdigunakansesudahnya. Hal penting yang harusdiperhatikandari interactive programs adalahdarisegi user danprogramnya. Keterlibatan user dalamsebuah program ialahsangatdibutuhkan. Karenaalasandibuatnya program adalahuntukmemenuhikebutuhan user yang berasaldaripermintaan user. Komunikasiantara user dan program akanterwujuddenganadanya GUI yang dibangunpada program tersebut.
3. satupendukung
interactive system adalahadanya GUI (Graphical User Interface).Apafungsidari GUI
Pointing device
denganperangkatberupa mouse
- Memilikifungsisebagai plug and play, yang manamemudahkan user dalam menginstalldan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
- Membuat software-software yang menuntutaplikasidalamkomputer user yang dapatdigunakanuntukkegiatan user dalam proses sepertimenulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
- Untukdigunakandalampembuatan System Operasisebagai User friendly danergonomis
- Pembuatan website
- Opensource software/hardware ataupengembangaplikasi-aplikasiskalabesarlainnya.
4. Sebutkan, jelaskan, danberikangambardarikomponen-komponenGUI
!
- label, label berfungsi untuk menuliskan sesuatu di frame yang kitabuat, nama default JLabel
- Button digunakan untuk mengeksekusi sebuah perintah, jika button di pencet maka proses akan berjalan, nama default JButton
- Text Field marupakan salah satu cara untuk mengisikan suatu inputan dalam program, nama default JTextfield.
- Text Area biasanyadigunakanuntukmenampilkanhasil output dari program, nama default JTextarea
- Combo Box merupakansalahsatucarainputanjuga. jika combo box di pencet, makaakankeluarberbagaipilihanuntuk di proses, nama default JCombobox
- radio button jugasalahsatucarainputandalam program, tetapidalampenggunaannyaberbedadengan combo box, radio button digunakanjikapilihan yang di sediakansedikit, makaakanlebihefektifjikamenggunakan radio
- Check box jugamerupakansalahsatucarainputan, miripdengan radio button, tetapi check box memperbolehkan user untukmemilihlebihdarisatupilihan, jadi check box di gunakanuntukmenjawabpetanyaan yang memperbolehkanlebihdarisatujawaban, namadefaultnyajCheckbox.
5. kejadian
yang munculketika user berinteraksidenganaplikasidisebutdengan event.
Tanpaadanya event, GUI tidakdapatberjalan. Terdapatbeberapamacam event pada GUI
(Graphical User Interface), antaralain :
- Event Source, Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.
- Event Model Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program meresponinteraksi user terdapat bagian-bagian pentingyaitu event source dan event listener / Handler.
- Event Listener Objek penerima&pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi pentingke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
- Event Object Objek yang terbentuk saat terjadi eventYaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti :tekan button, ketik di text field, dll.Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti :Tipe event yang muncul, asaldari event tersebut.Direpresentasikan oleh class Event.
- Event Handler Event Handler berupablok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
6. Jelaskan mengenai
event dalam konsep struktur interactive program !
Definis imengenai
event dalam konse pstruktur interactive program yaitu kejadian yang
terjadi atas interaksi dari komputer dengan manusia.
mengenai eve tdari standard programming dengan
interactive programming memiliki perbedaan dimana pada interactive programming,
dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program
dapat terus dijalankan tanpaharus dihentikan selama penulis anulang dari program,
berbeda dengan standard programming.
Referansi :
Tabel kinerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar